Monday, August 23, 2004

hari ketiga

sebenarnya pengen ada gambarnya, tapi aku belum bisa e..
mas-nya belum ngajarin aku:P


ini uda hari ketiga ya...
walau cuma berapa hari, tapi aku uda merasakan dan tahu beberapa tempat yang enak banget alias tempat makan...ada rumah makan sido mampir (jawa banget, tapi palopo memang daerah transmigran)makanannya ayam goreng...kalo disana, menu ayam tu satu paket dengan sup...tapi sup-nya berbeda dengan yang ada disini. di Palopo, supnya isinya bihun ma ayam suwir dan jerohan, dengan kuah kental...kadang ada yang dikasi rempah jahe gitu de...kalo aku bilang kayak soto...nama sup itu adalah sup saudara, rumah makan yang lain dan enak plus murah adalah bravo, sumpah enak banget makanannya mana murah lagi, es pisang ijonya juga toooppppp, bubur sum-sumnya enak gak kelewat manis, ada makanan namanya bajang keto (lupa,:P), kayak pastel gt..

19 agustus ini, aku juga janjian sama pengusaha rumput laut, aku mau bikin cerita tentang buruh perempuan penjemur rumput laut di palopo, tempatnya agak masuk gang, kalau di palopo namanya lorong, kayak ada lapangan besar, tapi isinya rumput yang baru dikeringkan, warnanya hitam, baunya agak amis ya...ceritanya yang punya usaha rumput laut ini, baik banget, masak dia memberikan bonus setiap tahunnya pada pegawainya yang sudah lama dan berprestasi berupa rumah, kadang juga televisi, dari hasil usaha rumpt laut ini, seluruh anak-anaknya bisa jadi sarjana, bahkan ada yang sudah mencapai gelar master di makasar, begitu ceritanya...

sementara buruh perempuannya kisaran usianya 15-40 tahun-an, yang umur 15 tahun ada dua orang, mereka gak sekolah dan gak mau sekolah, karena enakan cari duit sebagai buruh penjemur rumput laut, yang dapat duit perhari 8000 rupiah, kalo sebulan 240 ribu rupiah...

terus aku ke daerah lamasi (singakatan dari lamongan, madura, sidoarjo) alias daerah transmigran, ketemu sama kelompok perempuan disana, dampingannya YBS...trussss aku masi ada wawancara lagi dengan kepala bidang pemberdayaan perempuan di kota palopo...trus ke hotel tidurrrrrrrrrrrrrrrr

pengen ke toraja tapi ragu...