Tuesday, August 24, 2004

sedih...gelisah...

baru aja baca di KOMPAS, tanggal 24 Agustus 2004...
di halaman depan, ada tulisan 'Jogja tak Lagi Murah'
ceritanya tentang anak rantau di jogja yang sedang cari kos-kos-an, dia hanya memiliki budget 150 ribu, sementara sekarang, rata-rata harga kos-kos-an itu 1juta sampai 2 juta, GILA!!!!!!!!!!!!!!!!, aku sedih membaca itu...gak tau kenapa, kok aku jadi ikut ngerasa susahnya dia, mana harus mulai kuliah mesti cari kos.

Mau tahu apa aja isinya kos-kos-an itu? satu kamar yang harganya 2 juta sebulan itu, besarnya 4x6 dengan kamar mandi dalam 2x2, isinya tentu saja lengkap, mulai dari tempat tidur, lemari, TV 21', ada AC, sebegitunyakah? semahal itukah Jogjaku?...
dulu aja aku nge-kos cuma 100 ribu...deket kampus,warnet, laundry, kamar isi, deket tempat makan, banyak malah..

kalo dilihat di Kompas, sepertinya penulisnya juga memiliki ikatan emosi yang kuat dengan Jogja karena tulisannya banyak tanda serunya, aku memaknai itu sebagai sebuah tekanan, kejengkelan. aku memang jengkel, kalo jogja mahal...sepertinya kok gak cocok sama identitas kotanya yang 'ngerakyat'

aduuuuu, gimana donk ini, masak jogja sedemikian noraknya dengan harga yang membumbung tinggi dan tidak lagi berpihak pada rakyat kebanyakan...